Kamis, 09 Juni 2011

Bagaimana Mempersiapkan Akar Adenium Agar Tampil Cantik

Akar memang merupakan kelebihan adenium dari tumbuhan lain. Kalau akar tidak tampil kompak dengan pertumbuhan tanaman secara keseluruhan rasanya seperti ada yang kurang. Ibarat sayur tanpa garam. Tapi apabila hobiis memiliki akar adenium yang menarik selaras dengan batang, dahan dan ranting, rasanya sangat puas, mak nyusss. Tidak menutup kemungkinan adenium hobiis juara dalam kontes.

Banyak cara yang dapat dilakukan agar akar adenium dikemudian hari tapil cantik. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan dengan memilah akar yang berpotensi baik dan seimbang, yang lain boleh dipotong.

Berikut cara pemilahan akar adenium: 

1. Pilih gaya atau rancangan adenium
Bicara soal memotong akar, akar yang mana yang boleh dipotong dan yang mana yang akan ditinggalkan. Dalam hal ini sebenarnya tergantung selera yang punya adenium. Mau dirancang seperti apa akar adenium?. Apakah ingin akar adenium tampil terurai, dikepang atau penuh berisi. Yang umum adalah tampil penuh berisi, disarankan juga demikian. Tapi kalau hobiis memilih lain juga tidak apa-apa.

2. Bonggol sebaiknya terisi penuh.
Sekarang sudah ada sedikit gambaran mengenai akar mana yang akan dipotong dan mana yang ditinggalkan. Sebaiknya akar berbentuk segi tiga agar simetris. Kenapa segi tiga? Karena lebih mudah penyusunan akar dan terisi penuh. Terisi penuh maksudnya tidak ada ruang kosong diantara akar yang sudah terbentuk. Ini akan terlihat pada saat akar (bonggol) sudah diangkat dari media. Jadi hobiis harus mempunyai gambaran dikemudian hari agar akar ini menjadi seperti yang hobiis inginkan. Setidaknya mendekati.

3. Pilih akar yang mau dipotong dan yang mau ditinggalkan.
Buang akar yang kecil-kecil yang tumbuh pada bagian atas yaitu yang mendekati batang. Sisakan akar yang tumbuh membesar.  Akar ini nantinya akan menjadi bonggol yang cantik terisi penuh dikemudian hari. Biarkan akar yang kecil-kecik dibawah yang menyerap makanan. Karena akar yang dibawah masih banyak kemungkinan yang akan terjadi. Juga supaya menjaga agar tidak banyak akar dibuang, mengingat akar berfungsi mencari makanan.

4. Susun dan pedam akar agar tampil cantik
Setelah pemilihan akar, susun akar yang dipilih dengan memperkirakan simetris terisi penuh dkemudian hari. Setelah itu pedam akar adenium dengan media supaya cepat membesar.

Lakukan hal ini setiap pergantian media tanam. Kalau hal ini dapat dilakukan dengan rutin mudah-mudahan adenium hobiis dapat tampil indah mempesona.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar